Pengertian komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut
perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan
dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas
yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan
elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara
komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan
program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar
Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer
komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas
terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis
kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer
elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas
seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau
"sistem pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya
komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah
komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
Generasi komputer
Generasi pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat
dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit
potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan
pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun
1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk
mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan
komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia
yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman.
Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri
komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer
serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode
rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade
setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan
suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang
bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.
Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki
rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled
Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan
sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut
beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan)
dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut
dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic
Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara
pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000
tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut
merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan
John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general
purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung
dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain
komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC)
pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.
Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian
melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah
unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk
dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal
Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer
komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki
UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah
keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam
pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa
instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap
komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa
mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama
adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut
berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi
perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio,
dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama
yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat
superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.
Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat
menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh
peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk
kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua
LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development
Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin
dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang
sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer
generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor.
Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer
pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan
program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang
diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh
bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk
memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman
yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas
ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis.
Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan
kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa
pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common
Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum
digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan
kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh
manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.
Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli
sistem komputer). Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang
pada masa komputer generasi kedua ini.
Generasi ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun
transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
Generasi keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan
ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI)
dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large
Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut
menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu
keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan
ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan
keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa
kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer
(central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip
yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu
yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian
diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama
kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan
mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan
komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan
besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer
menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini,
yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah
digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu
adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game
seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih
canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer
(PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan
melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun
1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan
evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas
meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),
atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar
komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis
pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis
teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan
pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial
dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk
dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,
cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan
bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat
dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,
piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan
yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk
kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan
perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel
telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Generasi kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena
tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah
komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space
Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer
generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI),
HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,
menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak
fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima
instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk
menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak
sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga
ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada
konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara
langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang
semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa
yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model
non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain
adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada
hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan
proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan
bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan
proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma
komputerisasi di dunia.
JENIS-
JENIS KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DI OLAH
1.
Komputer
Analog; adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah
data yang sifatnya kontinyu, datanya berupa besaran fisik dan angka-angka
(kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik
gelombang suara, dll.Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer.
2.
Komputer
Digital; adalah komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel
dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah
dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (kuantitatif).Contoh: Calculator,
Apple IIe, IBM PC3.
3.
Komputer
Hibrid; adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif.
Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer
digital.Contoh dari komputer jenis ini adalah komputer yang digunakan pada
robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik.
JENIS
KOMPUTER BERDASARKAN PENGGUNAAN
1. Komputer Multimedia dan internet
Untuk menjalankan aplikasi multimedia dan hiburan, dan internet
disarankan
menggunakan komputer dengan spesifikasi menengah, tetapi dengan
sound card
dan speaker yang bagus (format suara 5.1 ke atas). Jangan lupa
lengkapi
dengan monitor ukuran 17" dan perangkat hiburan lainnya,
seperti TV turner, FM
turner, dan TV capture, modem.
Prosesor : Intel Pentium IV 3,0 GHz
Memori : DDRAM 1024 MB
VGA card : Misalnya Ge-Force dengan kapasitas 256 MB DDR
2. Komputer Desain Grafis dan
Video Editing
Untuk keperluan desain grafis terutama videio editing, membutuhkan
spesfikasi
yang besar maka disarankan untuk menggunakan komputer dengan
spesifikasi di
atas rata-rata. Hal ini karena dibutuhkan komputer dengan
performance yang
baik dan tampilan detail grafik yang tinggi.
Monitor : Ukuran 17".
Prosesor : Intel Pentium IV Core2Duo 2,0 GHz atau AMD yang setara.
Memori : DDRAM 2 GHz
VGA card : Ge-Force dengan kapasitas, 512 MB DDR
3. Komputer Game
Komputer untuk game memerlukan spesifikasi yang tinggi. Selain
membutuhkan
performance dan tampilan detail grafik yang baik, juga diperlukan
VGA
carcVyang mampu mendukung 3D. Supaya lebih sempurna, dukungan
monitor
ukuran 17" tidak dapat dielakkan. Kartu suara di atas
rata-rata dipadukan
dengan speaker yang baik akan memberikan kenikmatan bagi para
gamers.
Prosesor : Intel Pentium IV Core 2 Duo 2,0 GHz atau di atasnya
Memori : DDRAM 2 GHz
VGA : Ge-Force atau ATI RADEON terbaru dengan kapasitas minimal 512
MB DDR
Gamers biasanya memainkan komputernya dalam waktu yang lama,
sehingga PCselalu bekerja keras dan tingkat suhunya di atas rata-rata. Oleh
karena itu
sistem pendinginan pada PC harus bisa berjalan dengan baik. Kita
harus
menambah kipas pendingin pada CPU agar udara panas bisa keluar
dengan
cepat. Sebaiknya pilihiah kipas pendingin yang sudah dilengkapi
soket power. Hal
ini untuk memudahkan kita memasangnya.
5) Komputer untuk Server
Komponen-komponen komputer yang digunakan sebagai server harus
memiliki
spesifikasf yang tinggi. Komponen yang dipilih juga harus memiliki
life time yang
relatif lama. Perlu diingat bahwa komputer server digunakan secara
terus
menerus, bahkan bisa mencapai berbulan-bulan nonstop. Komputer
server ini
juga harus memiliki kestabilan dan kecepatan transfer data yang tinggi.
Agar
komputer server bekerja dengan optimal, prosesor yang digunakan
harus
memiliki cache memory tinggi.
Prosesor : Intel Pentium Xeon atau Itanium dan AMD MP yang memiliki
cache memory hingga 2 MB
Memori : DD/RD-RAM di atas 3 GB
Motherboard : sebaiknya memiliki soket dual prosesor
Harddisk : yang memiliki interface SATA dengan kapasitas di atas
200 GB
VGA : tidak perlu spesifikasi tinggi, menggunakan yang
onboard pun tidak masalah.
20
APLIKASI
YANG PENTING DALAM KOMPUTER
1.
Anti virus,
untuk memprotek komputer anda dari serangan viru- virus yang ada.
2.
Microsoft Office
3.
Web broser,contoh
mozzila,opera dll
4.
Media player
5.
Win rar
6.
Kamus digital
7.
Tune up
8.
Photo shop
9.
Corel draw
10. Foto menejemen
11. Instant massage
12. Daemon tool life
13. Internet download manager
14. Google book downloader
15. Games
16. Agenda
17. Screensaver
18. Spss/statistik
19. Nero express/burning data
20. Battery care
SYSTEM KERJA KOMPUTER
System kerja komputer secara garis
besar di bagi ke dalam 3 tahap yaitu :
1.
Input Device
Unit ini
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori
dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah
keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user
(pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan
untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk
mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch
panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses
file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.Input device berfungsi
sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan
processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :• Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui
media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya :
punched card, disket, harddisk.Unit masukan atau peralatan input ini terdiri
dari beberapa macam peranti, diantaranya ialah :
1. Keyboard
2. Mouse
3. Touchpad
4. Light Pen
5. Joy Stick
dan Games Paddle
6. Barcode
7. Scanner
8. Mikropon dan
Headphone
9. Graphics
Pads
10 CD/DVD Rom
11.Web Cam
2. Process
Device
Otak sebuah
komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini
dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses
dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang
diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan
micro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang
terdiri dari ribuan sampai jutaan IC. Fungsi utama dari CPU bekerja dengan
aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang
dimasukkan melalui unit masukkan seperti keyboard, scanner, atau joystick.
Kecepatan processor atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock
cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1
Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt. Perkembangannya processor yang
pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz,
dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan processor
Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah pula diperkenalkan
processor dengan teknologi mobile yaitu Centrino (Pentium M – Centrino) jenis
processor ini baru terdapat pada komputer-komputer built up, laptop, notebook.
Saat ini, processor yang terbaru adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini
memiliki dua kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor. Beberapa
produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja
berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu program.
3. Output
Device
Output yang
dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk
sebagai berikut.
Tulisan
Image
Suara
Bentuk yang
dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan
pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran
antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker..
Data yang telah
diproses menjadi bentuk yang berguna
Output device
adalah segala macam komponen hardware yang dapat menyampaikan informasi kepada
user
Dalam output
Device terdapat pengertian display device yaitu:
Suatu peralatan
Output yang dapat menyampaiakan informasi secara visual, kemudian informasi
yang ditampilkan biasanya disebut dengan soft copy
untuk
pengeluaran output device dapat melalui monitor
10 SHORTCUT DI DALAM MS.WORD
1.
Ctrl + A =
select All = block untuk semua
2.
Ctrl + B = bold
= mencetak tebal
3.
Ctrl + C = copy
= mengcopy
4.
Ctrl + D = font
= mengaktifkan font
5.
Ctrl + E =
center = menengahkan
6.
Ctrl + F = find
= mencari kata
7.
Ctrl + G = go
to = pergi ke halaman ……(misal : hal 2 )
8.
Ctrl + H =
replace = mencari dan mengganti kata (misal anak diganti putra)
9.
Ctrl + I =
italic = cetak miring
10. Ctrl + J = justify = rata tepi kiri kanan
11. Ctrl + K = hyperlink = menghubungkan ke halaman lainnya pada
komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar